Blog Sebagai Alat Bantu Pembelajaran

Istilah blog tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pada mulanya, sebagian besar orang menggunakan blog sebagai sarana untuk menulis catatan harian, sebagai pengganti buku harian atau diary. Namun, dewasa ini fungsi blog tidak melulu sebagai sarana untuk mencurahkan isi hati (curhat, red.).

Semakin banyak orang yang menggunakan blog untuk bertukar informasi, menampilkan hasil karya, seperti karya tulis, foto, gambar, video, dan masih banyak lagi. Menanggapi perkembangan ini, tidak sedikit lembaga pendidikan, termasuk sekolah; dan para pendidik yang menggunakan blog sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai informasi seputar pendidikan, atau bahkan menggunakannya sebagai alat bantu pembelajaran. Hal ini juga didukung oleh format blog yang cukup sederhana dan mudah digunakan.

Pemanfaatan blog sebagai alat bantu pembelajaran tidak harus selalu dilakukan oleh Guru TIK. Blog dapat dimanfaatkan untuk membantu pembelajaran berbasis TIK dalam berbagai mata pelajaran. Salah satu contohnya adalah pembelajaran menulis pada mata ajar Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris berbasis TIK guru dapat meminta siswa untuk membuat karya tulis yang hasilnya ditampilkan melalui blog. Hal ini dapat membantu para siswa untuk mengurangi rasa jenuh yang sering kali diasosiasikan dengan pembelajaran menulis. Selain itu, fungsi Comment atau ‘komentar’ yang ada dalam blog juga dapat memudahkan para guru untuk memberikan umpan balik secara langsung tentang hasil karya siswa tersebut. Pun siswa lain juga dapat melihat hasil karya siswa tersebut dan juga memberi tanggapan, yang diharapkan dapat berguna demi kemajuan para siswa.

Selain itu, guru juga dapat menggunakan blog sebagai sarana untuk menyampaikan sebuah materi pengajaran. Misalnya, seorang guru IPS menyampaikan secara singkat materi tentang “Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi yang Bermoral” yang diikuti dengan sejumlah pertanyaan yang harus didiskusikan dan dijawab oleh para siswa. Siswa dapat secara langsung memberikan jawaban atau tanggapan tentang pertanyaan tersebut. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis dan memberikan pendapat dapat terus diasah melalui diskusi yang terarah dalam blog tersebut. Selain itu guru juga dapat menggunakan blog sebagai sarana untuk mengumumkan jadwal ulangan, kisi-kisi soal, kriteria penilaian dan masih banyak lagi.

Bagi sekolah, blog sekolah dapat digunakan sebagai wadah untuk menyampaikan informasi sekolah kepada siswa, orang tua murid, para guru, maupun masyarakat umum, misalnya tentang acara-acara penting yang diadakan oleh sekolah, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, bahkan untuk mensosialisasikan peraturan sekolah. Dengan demikian, blog sekolah juga dapat digunakan sebagai ajang promosi untuk menarik minat para calon siswa.

Dua penyedia blog yang paling populer adalah WordPress dan Blogger/Blogspot. Kedua situs tersebut relatif mudah digunakan dan memiliki fitur Bahasa Indonesia. Situs micro-blogging seperti Twitter dapat digunakan oleh sekolah untuk menyiarkan berbagai pengumuman singkat kepada pada guru dan siswa. Selain itu terdapat sebuah situs blog yang dibuat khusus untuk dunia pendidikan, yaitu Edublogs.  Contoh Fisika66  dalam ujicoba

Berikut ini beberapa sekolah yang sudah menggunakan blog sebagai sarana berbagi informasi dan pembelajaran (klik nama sekolah untuk mengunjungi blog):

SMPN1 Karangdadap  SMPN1 Malang SMPN 9 Depok   Fisika66 di wordpress

Jadi, ayo bapak dan ibu guru, tunggu apa lagi?! Bagi yang belum pernah menggunakan blog sebagai alat bantu pembelajaran, mulailah menggunakannya. Pasti para siswa akan semakin merasa tertarik dan tertantang dalam mengikuti pembelajaran. Bagi yang sudah menggunakan blog sebagai alat bantu pembelajaran, lanjutkan dan tingkatkan terus penggunaannya. Anda juga dipersilakan membagikan alamat blog anda dengan menuliskannya di kolom komentar. Semoga dapat menginsipirasi rekan guru yang lainnya.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber http://www.dbe3elearning.net/index.php?option=com_content&view=article&id=161:blog-sebagai-alat-bantu-pembelajaran&catid=45:pembelajaran&Itemid=155

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s